Seputar Mengenai Negara Nigeria di Afrika Barat

Nigeria

Nigeria terletak di belahan Afrika Barat yang mempunyai keunikan luar biasa, antara lain didiami oleh kurang lebih 250 suku, berpenduduk padat dan mempunyai keanekaragaman agama, kepercayaan,  dan budaya. Suku Hausa sebanyak 20% menguasai politik dan militer, suku Yaruba 20% mengontrol pers dan keuangan, suku Ibo 17% menguasi tanah dan minyak, suku Fulani 9% cenderung mengurusi diri sendiri.



Nigeria menyentak perhatian dunia karena pernah menjuarai sepakbola (medali emas) pada arena olimpiade Atlanta, Georgia 1996. Mereka menjadikan kemenangan itu sebagai hari libur nasional.

Perimbangan kekuatan Islam dan Kristen dimanfaatkan oleh Inggirs ketika menjajah Nigeria pada abad ke-19. Ummat Islam tidak dibenarkan membangun Masjid atau pindah tempat  lain, kecuali atas izin pemerintah kolonial, sebaliknya bagi penganut Kristen bebas. Hal ini berlanjut sampai Jendral  Gowon (seorang Kristen) berkuasa di Nigeria, dan berhasil mengkristenkan sebagian ummat Islam di Nigeria Utara. Ketidakadilan memang menjadi penyebab terjadinya perang agama dan perang saudara di Nigeria.

Di samping itu, Nigeria menjadi sorotan dunia, karena terjadi silih bergantinya kekuasaan dengan cara kudeta, dan ini bermula karena adanya pertentangan yang begitu tajam antara penganut Islam dan Kristen. Penyebab utamanya adalah jumlah penganut Islam dan Kristen yang berimbang, dan kekuasaan militer yang begitu dominan, serta rule of the game yang ditetapkan oleh pemerintah kolonial Inggris dianggap tidak adil bagi kalangan Islam.


~Berbagi untuk bersama~







Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar