Rasa ingin tahu manusia terhadap alam
semesta yang diciptakan Tuhan dan kehidupan yang terdapat di
dalamnya dari zaman dahulu hingga sekarang seakan tidak ada
habis-habisnya. Persoalan dan permasalahan yang ada di alam pun seakan
tidak akan pernah habis untuk digali. Itulah sebabnya, ilmu pengetahuan terus berkembang dan
penemuan-penemuan baru pun terus bermunculan. Anda juga dapat
ikut berperan dalam perkembangan ilmu pengetahuan tersebut jika
mempunyai keinginan untuk terus menggali ilmu pengetahuan dan terus mencoba
memuaskan rasa keingintahuan yang Anda miliki.
Sampai saat ini banyak kasus mengenai penyakit yang sangat meresahkan masyarakat, yaitu flu burung. Pada mulanya apa yang menimbulkan penyakit ini tidak diketahui oleh masyarakat. Biologi mampu memecahkan masalah secara ilmiah, sehingga pada akhirnya dapat menjawab penyebab penyakit flu burung yang meresahkan tersebut, yaitu virus H5NI. Masih banyak hal lain yang dapat diselesaikan secara ilmiah, dapatkah Anda menyebutkan contoh lainnya?
Dengan demikian, Anda mungkin dapat
menjadi seorang penemu baru yang berguna bagi masyarakat luas. Hal
tersebut dapat terjadi jika Anda memahami bagaimana kerja ilmiah yang
dilakukan oleh para ilmuwan terdahulu dan mengaplikasikannya pada
kegiatan-kegiatan ilmiah yang Anda lakukan. Untuk itu, hal pertama
yang harus dilakukan adalah melakukan penelitian ilmiah. Apa saja
tahapan untuk melakukan penelitian ilmiah? Berikut akan diuraikan
bagaimana penelitian ilmiah dapat dilakukan.
1. Merencanakan Penelitian
Apakah Anda pernah mengadakan
penelitian? Disadari atau tidak, mungkin Anda pernah melakukan
penelitian. Penelitian adalah suatu usaha yang cermat dan teratur untuk
menemukan jawaban ilmiah terhadap suatu masalah. Penelitian dapat dilakukan di
mana saja dan kapan saja. Penelitian dapat dilakukan di daratan, bahkan di
luar angkasa sekalipun. Ketika Anda ingin
mengetahui mengapa tanaman buah di rumah Anda harus disiram secara teratur agar
tumbuh dengan baik, kemudian Anda berusaha mencari jawaban atas
permasalahan tersebut. Berarti, Anda telah melakukan penelitian. Dengan catatan,
usaha Anda untuk mencari jawaban atas permasalahan Anda dilakukan
secara ilmiah. Bagaimana caranya? Untuk melakukan suatu penelitian ada
beberapa hal yang harus dilakukan terlebih dahulu, antara lain
mengidentifikasi masalah, merumuskan tujuan penelitian, dan menetapkan
jenis penelitian.
a. Mengidentifikasi Masalah
Langkah pertama untuk melakukan suatu
penelitian adalah menyadari dan mengidentifikasi masalah yang
dihadapi. Masalah dapat timbul secara sengaja atau tidak disengaja. Secara
sengaja, maksudnya masalah yang timbul merupakan hal yang sengaja dicari
untuk dipecahkan. Misalnya, seorang petani yang ingin mengetahui dosis
pupuk yang tepat untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman sayurannya.
Kadang-kadang, masalah pun juga timbul secara tidak sengaja. Misalnya, seorang peternak domba melihat tanaman yang tumbuh dekat kandang domba tumbuh lebih baik daripada tanaman sejenis yang tumbuh di pekarangan rumahnya. Maka, dalam benak petani pun timbul pertanyaan mengapa hal tersebut terjadi.
Kadang-kadang, masalah pun juga timbul secara tidak sengaja. Misalnya, seorang peternak domba melihat tanaman yang tumbuh dekat kandang domba tumbuh lebih baik daripada tanaman sejenis yang tumbuh di pekarangan rumahnya. Maka, dalam benak petani pun timbul pertanyaan mengapa hal tersebut terjadi.
Untuk membantu menemukan suatu
masalah, kita dapat melihat berbagai penelitian yang telah dilakukan oleh
penyelidik lain. Kita dapat menganalisis hasil penelitian tersebut dan
menemukan permasalahan baru. Misalnya, dengan menggunakan alat dan bahan yang
berbeda, tentu hasil penelitiannya pun akan berbeda. Masalah pun dapat
ditemukan ketika kita melakukan studi kepustakaan dari berbagai
referensi. Semakin banyak buku yang dibaca, akan semakin mudah menemukan
sebuah permasalahan. Hal yang paling sering dilakukan untuk mencari
sebuah masalah adalah dengan melakukan pengamatan atau observasi.
Pengamatan terhadap berbagai objek dan fenomena (gejala) alam sering
menjadi sumber inspirasi dalam penelitian Biologi.
b. Merumuskan Tujuan
Untuk melakukan sebuah penelitian dari
masalah yang dihadapi perlu dirumuskan tujuannya. Hal ini sangat
penting dilakukan agar penelitian yang dilakukan lebih terarah dan mencapai
hasil yang maksimal. Sering terjadi, masalah yang dihadapi sangat luas
ruang lingkupnya. Oleh karena itu, masalah yang dihadapi perlu
dipersempit dengan merumuskan tujuanpenelitiannya.
Terdapat dua hal yang harus diperhatikan ketika merumuskan tujuan penelitian, yaitu apa yang akan dilakukan dan pertanyaan apa yang ingin dijawab. Pengetahuan awal Anda terhadap suatu masalah yang akan diteliti sangat membantu dalam merumuskan tujuan penelitian.
c. Menetapkan Jenis Penelitian
Setelah merumuskan tujuan penelitian,
hal yang harus dilakukan berikutnya adalah memilih jenis
penelitian yang akan digunakan. Jenis penelitian yang digunakan harus sesuai
dengan masalah yang akan dipecahkan. Terdapat banyak jenis penelitian yang
dapat digunakan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Contoh dari
jenis penelitian yang sering digunakan
ini di antaranya deskriptif dan
eksperimental.
1) Deskriptif
Penelitian deskriptif bertujuan memberikan gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat objek yang diselidiki. Dengan penelitian ini, dapat diperoleh informasi atau data yang mendetail. Misalnya, penelitian untuk mengetahui populasi badak di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten.
Penelitian deskriptif bertujuan memberikan gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat objek yang diselidiki. Dengan penelitian ini, dapat diperoleh informasi atau data yang mendetail. Misalnya, penelitian untuk mengetahui populasi badak di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten.
2) Eksperimental
Penelitian ini bertujuan mengetahui
pengaruh perlakuan tertentu kepada suatu objek penelitian dan
membandingkan hasilnya dengan kelompok kontrol. Kelompok kontrol
dijadikan sebagai pembanding. Dalam bidang Biologi, banyak dilakukan
penelitian jenis ini. Misalnya, penelitian untuk melihat pengaruh
pemberian pupuk atau hormon tertentu pada pertumbuhan jenis
tanaman tertentu.
2. Melakukan Penelitian
Seorang ilmuwan memiliki metode
tertentu untuk menjawab permasalahannya. Metode yang digunakan
oleh ilmuwan ini sistematis. Metode ini disebut metode ilmiah.
Metode ilmiah digunakan oleh para ilmuwan untuk memecahkan persoalan
yang dihadapinya. Selain itu,
ilmuwan menggunakan metode ini untuk
mengetahui dan membuktikan jawaban dari suatu permasalahan.
Berikut ini penjelasan lebih lanjut
dari tahapan dalam metode ilmiah.
a. Merumuskan masalah
Masalah yang ditemukan harus
dirumuskan secara konkret atau tergambarkan dengan jelas. Hal-hal
yang tidak ada kaitannya dengan masalah dikesampingkan. Perhatikan
contoh masalah berikut ini. Sampai pada abad ke-16, sebagian
orang, baik ilmuwan maupun bukan ilmuwan, percaya bahwa
makhluk hidup berasal dari makhluk tak hidup atau benda mati
(teori generasi spontan). Mereka percaya bahwa belut berasal
dari lumpur; katak berasal dari air hujan; atau tikus berasal
dari kain kotor yang disimpan di gudang makanan. Mereka yang percaya
teori generasi spontan juga mengamati bahwa lalat berasal
dari daging busuk yang dipenuhi oleh belatung. Bagaimana
menurut Anda?
Salah satu ilmuwan yang meragukan teori generasi spontan adalah Francesco Redi, seorang ilmuwan berkebangsaan Italia. Redi bersahabat dengan ilmuwan Inggris bernama William Harvey. William Harvey ini pernah melakukan pembedahan terhadap seekor rusa betina. Dia menemukan fetus (janin kecil) pada rahim rusa tersebut. Harvey mengamati bahwa bentuk
fetus tersebut mirip dengan rusa
dewasa. Harvey menyimpulkan bahwa hewan tumbuh dari biji atau telur yang
sangat kecil untuk dilihat dengan mata telanjang. Redi, sebagai ilmuwan yang memiliki
keingintahuan yang tinggi, berkeinginan untuk memecahkan masalah kehidupan
ini. Redi ingin menguji kebenaran dari teori generasi spontan. Dari cerita
tersebut, dapatkah Anda merumuskan masalah yang dihadapi oleh Francesco Redi?
Selain itu, rumusan masalah dapat dibuat dari kejadian di sekitar kita.
Misalnya dari kejadian banjir.
b. Menentukan Hipotesis
Melihat adanya kemungkinan kesalahan
dalam teori generasi spontan, menunjukkan Redi telah memulai langkah
untuk melakukan penelitian ilmiah.
Hal ini, merupakan ciri khas ilmuwan
untuk melakukan penelitian, yaitu mencari informasi tentang objek
penelitian dan melakukan pengamatan (observasi). Redi mengamati bahwa
belatung ditemukan bersamaan dengan adanya lalat pada daging busuk. Observasi merupakan tahap awal yang
sangat penting untuk dapat melakukan penelitian ilmiah seperti
halnya yang dilakukan Redi. Oleh karena itu, agar data yang diperoleh tetap
akurat, Anda harus selalu menuliskan hasil observasi Anda sesegera mungkin dalam
sebuah buku. Setelah observasi dapat dilakukan dengan baik, Anda dapat
menemukan pertanyaan atau permasalahan yang akan membawa Anda pada tahap
selanjutnya, yaitu membuat hipotesis.
Berdasarkan hasil penemuan Harvey yang
dipadukan dengan hasil pengamatannya, Redi mengajukan
penjelasan alternatif tentang asal mula keberadaan belatung. Redi menyatakan
bahwa dari daging yang segar tidak akan muncul belatung. Belatung muncul
jika lalat dewasa menyimpan telurnya pada daging tersebut. Dugaan sementara
Redi ini, dalam penelitian dikenal dengan hipotesis. Apakah itu hipotesis?
Hipotesis merupakan dugaan atau jawaban
sementara dari suatu
permasalahan. Ketika membuat
hipotesis, Anda sedang memperkirakan
jawaban sementara dari pertanyaan yang
telah Anda buat ketika Anda melakukan observasi dan menggunakan
informasi yang telah Anda miliki. Dari hipotesis ini timbul prediksi.
Prediksi adalah hasil yang diharapkan diperoleh dari hipotesis.
Kemampuan memprediksi sesuatu hal adalah keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang ilmuwan. Anda mungkin pernah melihat atau mendengarkan prakiraan cuaca di televisi atau radio. Para ahli meteorologi dapat memprediksi cuaca yang akan terjadi pada suatu hari dengan melakukan observasi dan menggunakan ilmu pengetahuan yang mereka miliki. Dengan demikian, kemampuan memprediksi adalah keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang ilmuwan. Melalui kemampuan memprediksinya, ilmuwan dapat menarik sebuah kesimpulan dari sebuah kejadian yang akan terjadi di masa yang akan datang dengan melihat kejadian-kejadian atau data yang ada di masa yang lalu.
Kemampuan memprediksi sesuatu hal adalah keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang ilmuwan. Anda mungkin pernah melihat atau mendengarkan prakiraan cuaca di televisi atau radio. Para ahli meteorologi dapat memprediksi cuaca yang akan terjadi pada suatu hari dengan melakukan observasi dan menggunakan ilmu pengetahuan yang mereka miliki. Dengan demikian, kemampuan memprediksi adalah keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang ilmuwan. Melalui kemampuan memprediksinya, ilmuwan dapat menarik sebuah kesimpulan dari sebuah kejadian yang akan terjadi di masa yang akan datang dengan melihat kejadian-kejadian atau data yang ada di masa yang lalu.
Prediksi yang Anda buat mungkin saja
salah. Untuk menguji apakah prediksi yang Anda buat salah atau
benar, Anda harus melakukan sebuah eksperimen (percobaan).
c. Menguji Hipotesis
Untuk menguji suatu hipotesis umumnya
dilakukan percobaan (eksperimen). Akan tetapi, ada juga
hipotesis yang diuji dengan pengamatan saja atau studi kepustakaan. Studi
kepustakaan dilakukan dengan membandingkan berbagai sumber pustaka.
Dalam melakukan sebuah eksperimen,
terdapat beberapa faktor yang memengaruhi eksperimen tersebut.
Faktor tersebut antara lain variabel; populasi dan sampel; serta rancangan
penelitian. Variabel merupakan suatu faktor entitas (berwujud) yang dapat
memiliki nilai berbeda yang berpengaruh terhadap percobaan.
Populasi dan sampel merupakan objek yang diamati di dalam suatu percobaan. Adapun rancangan penelitian adalah rencana dalam melakukan suatu penelitian, baik sebelum maupun sesudah penelitian dilakukan. Rancangan ini termasuk metode penelitian serta alat dan bahan yang akan digunakan.
Tahapan dalam eksperimen, yaitu 1) merencanakan eksperimen, 2) melakukan eksperimen, 3) melakukan observasi dalam eksperimen, 4) mengumpulkan dan menganalisis data, 5) menarik kesimpulan, dan 6) menguji kembali kesimpulan.
Populasi dan sampel merupakan objek yang diamati di dalam suatu percobaan. Adapun rancangan penelitian adalah rencana dalam melakukan suatu penelitian, baik sebelum maupun sesudah penelitian dilakukan. Rancangan ini termasuk metode penelitian serta alat dan bahan yang akan digunakan.
Tahapan dalam eksperimen, yaitu 1) merencanakan eksperimen, 2) melakukan eksperimen, 3) melakukan observasi dalam eksperimen, 4) mengumpulkan dan menganalisis data, 5) menarik kesimpulan, dan 6) menguji kembali kesimpulan.
1)
Merencanakan eksperimen
Rencana eksperimen perlu dibuat
serunut dan secermat mungkin agar data yang diperoleh akurat. Rancangan
eksperimen meliputi penyediaan alat dan bahan, penentuan tempat dan
waktu, serta cara kerja eksperimen. Alat dan bahan yang diperlukan perlu
didaftar agar tidak ada yang terlewat. Bahan adalah segala sesuatu yang
digunakan dalam penelitian dan dapat habis. Adapun alat tidak akan habis
digunakan. Dalam merancang percobaan Anda juga harus memperhatikan
instrumen penelitian lain seperti biaya dan daftar check list peralatan yang akan
digunakan. Alat dan bahan apa yang digunakan oleh
Redi untuk melakukan eksperimen? Redi menyiapkan dua buah
stoples, dua potong ikan segar, tutup plastik, dan tali.
2)
Melakukan eksperimen
Redi melakukan eksperimen dengan
menyimpan dua buah stoples pada tempat terbuka. Kemudian, pada setiap
stoples dimasukkan potongan ikan segar. Stoples pertama dibiarkan terbuka,
sedangkan stoples kedua ditutup dengan plastik dan diikat kuat. Redi
membiarkan kedua stoples tersebut beberapa hari.
Mengapa Redi menggunakan dua buah stoples yang diberi perlakuan berbeda?
Dalam melakukan eksperimen, kita harus menentukan kelompok percobaan, yaitu kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Fungsi kontrol adalah sebagai pembanding dalam percobaan yang sedang kita uji. Dalam membuat kontrol, keadaan perangkat uji dan perangkat kontrol sama, kecuali hal yang ingin dibandingkan.
Dalam membuat kontrol ini, kita juga
harus menentukan faktor peubah atau variabel. Variabel merupakan
suatu faktor yang berpengaruh terhadap percobaan. Variabel tersebut dapat dibagi
menjadi variabel kontrol, variabel bebas, dan variabel terikat.
Variabel kontrol adalah faktor yang
dibuat sama. Dalam percobaan Redi, yang menjadi variabel kontrol adalah
stoples yang sama, ikan segar yang sama, dan waktu serta penempatan yang
sama.
Variabel bebas adalah faktor yang sengaja diubah. Pada percobaan Redi tersebut yang termasuk variabel bebas adalah ditutupnya stoples dengan plastik dan satunya lagi tidak ditutup.
Variabel terikat adalah faktor hasil percobaan yang dipengaruhi oleh variabel
bebas dan variabel kontrol. Apakah
variabel terikat pada percobaan Redi?
3)
Melakukan observasi dalam eksperimen
Observasi (pengamatan) dilakukan untuk
memperoleh data yang akurat. Observasi tidak harus menggunakan
indra penglihatan (mata) saja, tetapi juga alat indra yang lainnya.
Semakin banyak indra yang terlibat dalam observasi, data yang diperoleh akan semakin lengkap. Observasi pun dapat menggunakan berbagai alat bantu, seperti mikroskop, meteran, timbangan, termometer, dan pH meter. Alat yang digunakan disesuaikan dengan data yang akan diukur. Pengamatan dengan menggunakan alat ukur akan menghasilkan data kuantitatif. Adapun pengamatan yang hanya menggunakan alat indra akan menghasilkan data kualitatif.
Semakin banyak indra yang terlibat dalam observasi, data yang diperoleh akan semakin lengkap. Observasi pun dapat menggunakan berbagai alat bantu, seperti mikroskop, meteran, timbangan, termometer, dan pH meter. Alat yang digunakan disesuaikan dengan data yang akan diukur. Pengamatan dengan menggunakan alat ukur akan menghasilkan data kuantitatif. Adapun pengamatan yang hanya menggunakan alat indra akan menghasilkan data kualitatif.
d. Mengumpulkan data
Hasil observasi adalah data, baik data
kualitatif maupun data kuantitatif. Apakah data-data yang diperoleh dari
percobaan Redi?
Data yang diperoleh dapat disajikan
dengan berbagai bentuk, seperti tabel atau grafik. Penyusunan data
yang benar akan memudahkan orang lain untuk membaca, menganalisis, dan
menarik kesimpulan. Data yang diperoleh itu kemudian dapat
dijadikan bahan analisis.
Meskipun analisis data sebaiknya
dilakukan melalui metode statistik yang rumit, Anda cukup membandingkan
rata-rata dan persentase. Setelah itu, Anda dapat menganalisis apakah
hipotesis yang dibuat sesuai dengan hasil percobaan atau tidak.
e. Menarik Kesimpulan
Berdasarkan data yang diperoleh dari
hasil percobaannya, Redi menyimpulkan bahwa lalat bukan berasal
dari benda mati, melainkan berasal dari lalat hidup yang sebelumnya.
Apakah hal tersebut sebuah kesimpulan?
Apa yang dilakukan Redi adalah suatu usaha untuk menarik suatu kesimpulan. Begitu pun Anda, kesimpulan dapat Anda ambil setelah mendapatkan data dari hasil percobaan yang Anda lakukan. Kesimpulan merupakan kalimat yang meringkas suatu hasil percobaan
Apa yang dilakukan Redi adalah suatu usaha untuk menarik suatu kesimpulan. Begitu pun Anda, kesimpulan dapat Anda ambil setelah mendapatkan data dari hasil percobaan yang Anda lakukan. Kesimpulan merupakan kalimat yang meringkas suatu hasil percobaan
yang telah dilakukan. Ketika Anda
menarik kesimpulan, Anda harus memutuskan apakah data yang Anda
peroleh mendukung hipotesis yang dibuat atau tidak. Anda mungkin perlu
mengulang beberapa kali percobaan untuk dapat menarik sebuah kesimpulan.
Bahkan, terkadang kesimpulan yang Anda buat dapat mendorong Anda
mengajukan pertanyaan baru dan rencana-rencana percobaan baru yang
dapat Anda lakukan.
f. Menguji Kembali Kesimpulan
Apakah percobaan Redi dapat meyakinkan
semua orang bahwa lalat tersebut berasal dari lalat, bukan
berasal dari daging yang membusuk? Banyak orang, termasuk ilmuwan, yang
meragukan penelitian Redi. Mereka juga menganggap tidak adanya belatung
(cikal bakal lalat) di stoples yang ditutup rapat plastik karena tidak
adanya udara. Mereka berpendapat bahwa
diperlukan udara segar agar dari
daging tersebut tumbuh belatung. Apakah
reaksi Redi menghadapi hal tersebut?
Redi berpikir dan merancang ulang
penelitiannya. Redi menjadikan udara sebagai variabel bebas.
3. Mengomunikasikan Hasil Penelitian
Mengomunikasikan hasil penelitian
sangat penting dalam bidang IPA. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan
pengomunikasian hasil penelitian sangat berguna untuk kemajuan dan
perkembangan IPA. Para saintis (ilmuwan) biasa melakukan
penelitian yang merupakan
kelanjutan dari hasil penelitian
saintis sebelumnya. Para saintis juga banyak yang melakukan metode kerja dengan
mengikuti langkah penelitian sebelumnya. Bagian yang dikomunikasikan
tidak hanya hasil dari penelitian, tetapi juga metode penelitian. Saintis
biasa memublikasikan hasil karya ilmiahnya dalam jurnal, buku, atau
internet. Selain itu, para saintis juga biasa
bertemu dalam suatu forum dan saling
memelajari hasil penelitian saintis yang lain. Di sana, terjadi pertukaran
informasi bahkan koreksi antarsaintis untuk mengetahui apakah hasil
penelitiannya sudah layak atau belum.
Dalam mengomunikasikan hasil penelitian ini, Anda harus memiliki keyakinan bahwa apa yang telah Anda lakukan itu telah dikerjakan dengan baik. Dengan demikian, Anda dapat mempertahankan argumentasi Anda. Akan tetapi, jika memang hasil penelitian Anda perlu dikoreksi, Anda harus dapat menerimanya agar dapat melakukan penelitian yang lebih baik.
Dalam mengomunikasikan hasil penelitian ini, Anda harus memiliki keyakinan bahwa apa yang telah Anda lakukan itu telah dikerjakan dengan baik. Dengan demikian, Anda dapat mempertahankan argumentasi Anda. Akan tetapi, jika memang hasil penelitian Anda perlu dikoreksi, Anda harus dapat menerimanya agar dapat melakukan penelitian yang lebih baik.
Bagaimana susunan laporan ilmiah itu?
Pada dasarnya, karya ilmiah memiliki sistematika tertentu yang
terdiri atas pendahuluan, kajian teori, metodologi penelitian, hasil dan
pembahasan, serta kesimpulan dan saran.
a. Pendahuluan
Pendahuluan berisi latar belakang penelitian, yaitu alasan mengapa Anda memilih tema tersebut dan juga manfaat dari penelitian. Pendahuluan juga berisi tujuan penulisan untuk menerangkan kepada sesama penyelidik mengenai maksud dari pembuatan penelitian. Di dalam pendahuluan ini dituliskan pula hipotesis dan pembatasan masalah yang hendak Anda selidiki.b. Kajian Teori
Bab ini berisi penjelasan dan teori
yang berhubungan dengan penelitian. Berbagai variabel yang ada hubungannya
dengan penelitian, dijelaskan dalam bab kajian teori.
c. Metodologi Penelitian
Dalam metodologi penelitian, Anda menjelaskan alat dan bahan yang digunakan, lokasi, teknik penelitian, serta cara menganalisis data. Dalam menuliskan metodologi penelitian ini, Anda harus menuliskannya sedetail mungkin. Dengan demikian, orang lain dapat membaca dan mengerti apa yang Anda tulis. Dia mungkin dapat melakukan penelitian yang sama persis
seperti yang Anda lakukan.
d. Hasil dan Pembahasan
Pada bab ini, data yang diperoleh
kemudian dianalisis. Data berupa tabel, grafik, dan diagram ditampilkan
pada bagian ini. Bab ini juga berisi penjelasan mengenai hipotesis,
analisis hipotesis, dan hasil penelitian.
Ketika menjelaskan hasil penelitian,
jelaskanlah hasil penelitian Anda dengan terperinci. Dengan demikian,
orang lain dapat mengerti hasil percobaanmu.
e. Kesimpulan dan Saran
Setelah data percobaan dianalisis,
diperoleh suatu hasil yang merupakan kesimpulan. Jadi, kesimpulan adalah
jawaban dari hasil pengujian hipotesis. Dalam bagian ini juga diberikan saran
yang berhubungan dengan penelitian ini. Misalnya, saran untuk penelitian
lanjutan atau rekomendasi dari hasil penelitian lainnya.
4. Bersikap Ilmiah
Dalam melakukan kerja ilmiah, Anda
harus memiliki sikap ilmiah atau sikap yang sesuai dengan kaidah ilmu
pengetahuan. Sikap ini penting agar Anda dapat menjadi penyelidik yang
baik dan menghasilkan karya yang baik. Sikap ini tidak hanya penting
ketika melakukan kerja ilmiah, tetapi juga dalam melakukan kehidupan
sehari-hari. Berikut ini beberapa sikap
ilmiah yang perlu Anda miliki.
a.
Membedakan Fakta dan Opini
Dapat membedakan antara fakta dan
opini adalah salah satu sikap yang perlu dimiliki oleh seorang saintis.
Fakta adalah kenyataan, sedangkan opini adalah pendapat. Fakta dapat dikenali
oleh alat indra dan dapat diukur secara kualitatif.
Pernyataan dalam bidang IPA haruslah berupa pernyataan eksak, yaitu tepat dan spesifik. Adapun opini merupakan tanggapan atau tafsiran seseorang. Berikut ini contoh fakta dan opini.
Pernyataan dalam bidang IPA haruslah berupa pernyataan eksak, yaitu tepat dan spesifik. Adapun opini merupakan tanggapan atau tafsiran seseorang. Berikut ini contoh fakta dan opini.
Fakta:
Anak itu memiliki rambut hitam.
Opini:
Anak itu memiliki rambut yang indah.
Fakta: Mawar memiliki bunga berwarna merah.
Opini:
Mawar memiliki bunga yang menarik.
Seorang saintis haruslah menyajikan
faktor-faktor dalam bentuk data dan menghindari opini-opini yang tidak
didukung fakta. Fakta yang diberikan haruslah sesuai dengan
kenyataan karena seorang saintis harus jujur. Apa yang terjadi jika data yang
digunakan tidak sesuai kenyataan?
b.
Berpikir Kritis
Ketika Anda menilai dan menyaring
suatu informasi yang diterima, Anda berarti telah berpikir kritis.
Berpikir kritis berarti mengombinasikan apa yang telah Anda ketahui dengan fakta
baru yang diberikan, misalnya apakah benar manusia berevolusi dari
simpanse? Ataukah evolusi itu terjadi karena seleksi alam, sehingga manusia dan
simpanse memiliki proses evolusi
berbeda? Manakah yang Anda pilih?
Setelah itu, baru Anda putuskan untuk mempercayainya atau tidak.
Berpikir kritis ini sangat penting karena tidak semua informasi yang kita terima itu benar. Kita perlu menyaringnya dan melihat dari berbagai sudut pandang sebelum mempercayainya. Berpikir kritis sangat penting ketika sedang melakukan kerja ilmiah. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan data penelitian yang akurat dan dapat dipertanggung-jawabkan.
c.
Berani dan Santun dalam Mengajukan Pertanyaan
Berani dan santun dalam mengajukan
pertanyaan adalah sikap ilmiah yang perlu kita miliki. Terutama
ketika kita bekerja sama dengan orang lain. Anda harus menjaga kekompakan
dan kerja sama yang baik. Ketika menganalisis suatu penjelasan, mungkin
ada hal-hal yang tidak dimengerti atau hal-hal yang dirasa janggal.
Untuk itu, Anda perlu mengajukan pertanyaan untuk mendapatkan
keterangan lebih lanjut. Jangan takut untuk bertanya, tetapi ingat pula untuk
mengajukan pertanyaan secara santun. Mengapa?
Karena seorang saintis yang baik adalah seseorang yang dapat menghargai orang lain.
Karena seorang saintis yang baik adalah seseorang yang dapat menghargai orang lain.
d.
Memiliki Rasa Ingin Tahu
Dasar dari perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam adalah rasa ingin tahu terhadap alam semesta. Ahli sains selalu ingin tahu apa, bagaimana, mengapa, atau di mana terhadap segala sesuatu. Anda harus memiliki sikap ini sehingga timbul keinginan untuk melakukan kegiatan ilmiah. Dari sikap ingin tahu, akan timbul permasalahan yang mungkin membawa Anda pada penelitian yang berguna bagi masyarakat. Dengan memiliki rasa ingin tahu,
Dasar dari perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam adalah rasa ingin tahu terhadap alam semesta. Ahli sains selalu ingin tahu apa, bagaimana, mengapa, atau di mana terhadap segala sesuatu. Anda harus memiliki sikap ini sehingga timbul keinginan untuk melakukan kegiatan ilmiah. Dari sikap ingin tahu, akan timbul permasalahan yang mungkin membawa Anda pada penelitian yang berguna bagi masyarakat. Dengan memiliki rasa ingin tahu,
kita akan berusaha menemukan jawaban
dari berbagai permasalahan yang muncul di muka bumi ini.
e.
Tekun dan Peduli Lingkungan
Dalam melakukan penelitian, ketekunan
merupakan salah satu prasyarat dalam keberhasilan
penelitian. Jangan Anda putus asa dalam melakukan penelitian, kegagalan
merupakan bagian dari keberhasilan. Tidak sedikit penelitian yang gagal,
namun akhirnya berhasil. Tidak sedikit
juga penyelidik yang berhasil setelah
mempelajari kegagalan dirinya sendiri maupun orang lain.
Sikap peduli lingkungan juga harus
tertanam dalam jiwa saintis karena suatu penelitian akan sia-sia jika
ternyata proses maupun hasilnya merusak lingkungan. Manusia sebagai makhluk
ciptaan Tuhan yang memiliki akal, diberi kemampuan untuk memanfaatkan dan
memelihara lingkungan. Oleh karenanya, sikap peduli terhadap
lingkungan harus tetap dilakukan di